Perangkat KBM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R  P  P)

Satuan Pendidikan          :  SDN Wonorejo IV/315
Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1 (Satu)
Tema 1                             :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1                      :  Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran                  :  1
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
3.1   Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1   Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.1.1  Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.


IPA
3.6    Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
3.6.1   Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
4.6   Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
4.6.1    Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.



PJOK
3.1    Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
3.2.1  Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
4.1    Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.2.1   Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2.        Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.        Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.        Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5.        Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6.        Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
2.      Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar
3.      Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi

E.     METODE PEMBELAJARAN
Ø  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
Ø  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah




F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Ø  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Ø  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Ø  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu “Indahnya Kebersamaan”.
Ø  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
Ayo Mengamati
Ø  Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali.
Ø  Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya.
Ø  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia.
Ayo Membacaa
Ø  Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka, siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dan seterusnya.
Ø  Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya.
Ø  Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain.
Ø  Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.
Ø  Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.
Ø  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati.
Ø  Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf.
Ø  Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari paragraf satu.
Ø  Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka.
Ø  Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/pokok pikiran, dari suatu paragraf.
Ø  Siswa masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf kedua.
Ø  Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
Ø  Setiap kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
Ø  Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 8 orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut. Siswa menuliskan informasi pada tabel yang tersedia. Motivasi siswa untuk menemukan beragam suku yang berbeda dari teman-teman di kelas.
Ø  Guru mengawasi jalannya wawancara dan berjalan berkeliling untuk memastikan dan memotivasi siswa untuk aktif menjalankan tugasnya.
Ø  Guru juga memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat wawancara berlangsung.
Ø  Kegiatan wawancara ini dapat dilakukan lintas kelas untuk memperkaya informasi yang didapat siswa tentang keragaman budaya dan etnis di antara mereka.
Ø  Usai kegiatan wawancara, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing untuk mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya.
Ø  Guru mengajukan pertanyaan terbuka: Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang berbeda, dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda? Ceritakan satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!
Ø  Beberapa siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan  tersebut.
Ø  Siswa kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda.
Ø  Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat di buku secara mandiri.
Ø  Guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugasnya.
Ø  Guru dapat mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab pertanyaan.
Ø  Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya.
Ø  Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.
Ayo Mengamati
Ø  Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
Ø  Guru diharapkan dapat menyiapkan satu/lebih alat musik yang mudah didapat dari daerah masing-masing.
Ø  Jika memungkinkan, akan lebih baik jika alat musik yang dihadirkan beragam guna memperkaya pengetahuan dan pengalaman belajar siswa.
Ø  Siswa dapat juga diminta untuk membawa alat musik tradisional yang mereka miliki di rumah.
Ø  Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka: Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat  menghasilkan bunyi?
Ø  Beberapa siswadiminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.
Ø  Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik  tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
Ø  Siswa membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada di buku, kemudian mengisi tabel yang tersedia.
Ø  Guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugas dengan tertib.
Ø  Guru dapat mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab pertanyaan.
Ø  Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
Ø  Setiap siswa diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dan sekitarnya. Ingatkan siswa untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda.
Ø  Guru dapat menyiapkan beragam benda yang menghasilkan bunyi dengan cara berbeda, seperti peluit (ditiup) , dua tutup panci (dipukul), sendok dan botol kaca (dipukul), kantong plastik (diremas), botol plastik diisi benda-benda kecil (digoyang), dsb.
Ø  Jika jumlah benda terbatas, setiap siswa dapat mengambil dua benda, yang kemudian akan digunakan secara bergantian.
Ø  Siswa diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara yang berbeda.
Ø  Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hasil eksplorasi.    
Ø  Guru memberikan penguatan.
Ayo Mencoba
Ø  Siswa dibagi dalam kelompok besar yang dapat terdiri dari 8-10 siswa.
Ø  Siswa dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik yang disukai.
Ø  Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.
Ø  Siswa dalam kelompok diberikan kepercayaan untuk mengatur pembagian tugas benda-benda yang mereka telah pilih.
Ø  Motivasi siswa untuk dapat tertib dan bekerjasama guna menghasilkan satu kesatuan bunyi yang enak di dengar.
Ø  Ingatkan siswa untuk saling menghargai saat kegiatan berlangsung.
Ø  Guru berkeliling memastikan setiap kelompok dapat bekerjasama dengan baik.
Ø  Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.
Ø  Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
Ø  Siswa menyimpulkan kegiatan belajar.
Ø  Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.
Ø  Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
Ø  Siswa menyimpulkan kegiatan belajar.
Ayo Renungkan
Ø  Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
Ø  Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
35 Menit x 5 JP
Penutup
Ø  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
Ø  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
Ø  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10 menit

G.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku Siswa Tema : ”Indahnya KebersamaanKelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.      Teman-teman di sekolah sebagai narasumber kegiatan wawancara.
3.      Alat musik tradisional daerah masing-masing.
4.      Beragam benda di kelas dan sekitarnya.

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2.   Bentuk Instrumen Penilaian












Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pokok dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.


Mengetahui,
Kepala SDN Wonorejo IV/315




Rita Erwiyah, S. Pd., M. Pd.
NIP. 197311101995062001

Surabaya,

Guru Kelas IV




Hariyati, S. Pd
NIP.19880207 201101 2 016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanaman hidroponik

Kegiatan Menanam tanpa tanah ( Hidroponik ) SDN WONOREJO IV/315 SURABAYA Kepala Sekolah SDN WONOREJO IV/315 SURABAYA membimbing siwa cara...