RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R P P)
Satuan Pendidikan : SDN Wonorejo IV/315
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (Satu)
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI
1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI
3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI
4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.1.1
Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks
tulis.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks
berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung
setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau
percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan
bunyi.
PJOK
3.1 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan
agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
4.1 Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak
dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional.
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman
budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah
membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan
pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan
mandiri.
2.
Setelah
membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan
gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta
pikiran dengan tepat.
3.
Setelah
wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama
dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.
Setelah
diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman
di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan
sistematis.
5.
Setelah
eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda
di sekitar dengan lengkap.
6.
Setelah
eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
2. Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar
3.
Melakukan
percobaan cara menghasilkan bunyi
E. METODE PEMBELAJARAN
Ø Pendekatan :
Saintifik
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan)
Ø Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
Ø Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
Ø Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu “Indahnya Kebersamaan”.
Ø Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
Ø
Sebelum
memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai
baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali.
Ø
Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan
makanannya.
Ø
Guru
menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang
budaya Indonesia.
Ayo Membacaa
Ø
Siswa diajak
berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan
pembuka, siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku
Minang, dan seterusnya.
Ø
Siswa secara
berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka
kepada teman di sebelahnya.
Ø
Guru
melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat
menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan
ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain.
Ø
Hasil
diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.
Ø
Siswa
kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa
dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara
berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan
nomor urut yang sama.
Ø
Guru
menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi
tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari.
Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di
buku dan membaca teksnya dalam hati.
Ø
Siswa
kemudian diminta untuk menuliskan nomor urut di sebelah kiri pada setiap
paragraf.
Ø
Siswa dalam
kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari
paragraf satu.
Ø
Setiap
kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan
kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan
masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan
untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka.
Ø
Setelah
semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan
penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan
gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/pokok pikiran, dari suatu
paragraf.
Ø
Siswa masih
dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung
paragraf kedua.
Ø
Setiap
kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan
siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan
jawaban yang tepat.
Ø
Setiap
kelompok kemudian mengomunikasikan hasilnya kepada kelompok lainnya. Guru dan
siswa dari kelompok lain dapat saling memberikan masukan untuk mendapatkan
jawaban yang tepat.
Ø
Setiap siswa
diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 8
orang teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal
dan ciri khas dari daerah tersebut. Siswa menuliskan informasi pada tabel
yang tersedia. Motivasi siswa untuk menemukan beragam suku yang berbeda dari
teman-teman di kelas.
Ø
Guru
mengawasi jalannya wawancara dan berjalan berkeliling untuk memastikan dan
memotivasi siswa untuk aktif menjalankan tugasnya.
Ø
Guru juga
memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat
wawancara berlangsung.
Ø
Kegiatan
wawancara ini dapat dilakukan lintas kelas untuk memperkaya informasi yang
didapat siswa tentang keragaman budaya dan etnis di antara mereka.
Ø
Usai
kegiatan wawancara, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing untuk
mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya.
Ø
Guru mengajukan
pertanyaan terbuka: Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari
suku yang berbeda, dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda? Ceritakan
satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang berasal dari suku berbeda
dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!
Ø
Beberapa
siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Ø
Siswa
kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman
masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki
agama/kepercayaan yang berbeda.
Ø
Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam
keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai
identitas bangsa Indonesia.
Ø
Siswa
menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang
terdapat di buku secara mandiri.
Ø
Guru
berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugasnya.
Ø
Guru dapat
mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab pertanyaan.
Ø
Siswa akan
saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling
menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman
di sebelahnya.
Ø
Siswa dapat
mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.
Ayo Mengamati
Ø
Guru
menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
Ø
Guru
diharapkan dapat menyiapkan satu/lebih alat musik yang mudah didapat dari
daerah masing-masing.
Ø
Jika
memungkinkan, akan lebih baik jika alat musik yang dihadirkan beragam guna
memperkaya pengetahuan dan pengalaman belajar siswa.
Ø
Siswa dapat
juga diminta untuk membawa alat musik tradisional yang mereka miliki di
rumah.
Ø
Guru
mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka: Bagaimana cara memainkan alat
musik ini sehingga dapat menghasilkan
bunyi?
Ø
Beberapa
siswadiminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.
Ø
Minta
satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup,
digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
Ø
Siswa
membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada di buku, kemudian
mengisi tabel yang tersedia.
Ø
Guru
berkeliling untuk memastikan setiap siswa mengerjakan tugas dengan tertib.
Ø
Guru dapat
mendampingi siswa yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab pertanyaan.
Ø
Siswa
kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang
dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
Ø
Setiap siswa
diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dan sekitarnya. Ingatkan siswa
untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang
berbeda.
Ø
Guru dapat
menyiapkan beragam benda yang menghasilkan bunyi dengan cara berbeda, seperti
peluit (ditiup) , dua tutup panci (dipukul), sendok dan botol kaca (dipukul),
kantong plastik (diremas), botol plastik diisi benda-benda kecil (digoyang),
dsb.
Ø
Jika jumlah
benda terbatas, setiap siswa dapat mengambil dua benda, yang kemudian akan
digunakan secara bergantian.
Ø
Siswa
diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara yang berbeda.
Ø
Siswa
mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil eksplorasi. Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan hasil eksplorasi.
Ø
Guru
memberikan penguatan.
Ayo Mencoba
Ø
Siswa dibagi
dalam kelompok besar yang dapat terdiri dari 8-10 siswa.
Ø
Siswa dapat
menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik yang disukai.
Ø
Setiap
kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.
Ø
Siswa dalam
kelompok diberikan kepercayaan untuk mengatur pembagian tugas benda-benda
yang mereka telah pilih.
Ø
Motivasi
siswa untuk dapat tertib dan bekerjasama guna menghasilkan satu kesatuan
bunyi yang enak di dengar.
Ø
Ingatkan
siswa untuk saling menghargai saat kegiatan berlangsung.
Ø
Guru
berkeliling memastikan setiap kelompok dapat bekerjasama dengan baik.
Ø
Setiap
kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara
bergantian.
Ø
Siswa
kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil
kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
Ø
Siswa
menyimpulkan kegiatan belajar.
Ø
Setiap
kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara
bergantian.
Ø
Siswa
kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil
kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
Ø
Siswa
menyimpulkan kegiatan belajar.
Ayo
Renungkan
Ø
Siswa
melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
Ø
Guru dapat
menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran di Buku Guru.
|
35 Menit x 5 JP
|
Penutup
|
Ø Peserta
didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
Ø Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya.
Ø Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok.
Ø Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø Menutup
pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
G. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Buku
Siswa Tema : ”Indahnya Kebersamaan” Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2. Teman-teman di sekolah sebagai narasumber kegiatan wawancara.
3. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
4. Beragam benda di kelas dan sekitarnya.
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: tanggung jawab,
teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda
dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
Pengayaan
Apabila memiliki
waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.
Remedial
Siswa yang belum
terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pokok dapat diberikan
contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh
siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan
utama.
Mengetahui,
Kepala SDN
Wonorejo IV/315
Rita
Erwiyah, S. Pd., M. Pd.
NIP.
197311101995062001
|
|
Surabaya,
Guru Kelas IV
Hariyati,
S. Pd
NIP.19880207
201101 2 016
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar